Analisis Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Kegiatan Praktikum Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di SMAN 3 Aceh Barat Daya

Cut Mutia, 150207007 (2019) Analisis Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Kegiatan Praktikum Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di SMAN 3 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Kegiatan Praktikum Berbasis Jelajah Alam Sekitar  (JAS) Di SMAN 3 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Analisis Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Kegiatan Praktikum Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di SMAN 3 Aceh Barat Daya)
cut mutia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi tidak terlepas dari kegiatan praktikum yang tidak hanya dilakukan di dalam ruangan namun juga dapat dilakukan di alam sekitar sekolah khususnya pada pembelajaran submateri Spermatophyta. Namun di SMAN 3 Aceh Barat Daya pembelajaran spermatophyta dengan praktikum belum pernah diterapkan, sebaliknya lebih sering diterapkan di ruang kelas. Keadaan tersebut mengakibatkan kurangnya aktivitas belajar siswa, yang terlihat pada saat kegiatan pembelajran siswa masih pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar dan khusus untuk kelas eksperimen digunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran submateri Spermatophyta melalui kegiatan praktikum berbasis jelajah alam sekitar (JAS) di SMAN 3 Aceh Barat Daya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 3 Aceh Barat Daya yaitu kelas X MIPA-1 dan X MIPA-2. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas X MIPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sangat aktif dan kelas kontrol aktif. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf siginifikansi 0,05 dengan db 48 diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,536 > 1,677 sehingga Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Respon siswa kelas eksperimen terhadap pembelajaran submateri Spermatophyta melalui kegiatan praktikum berbasis jelajah alam sekitar (JAS) termasuk dalam kategori sangat baik (87,99%.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Khairun Nisa S.Si., M.Bio
Uncontrolled Keywords: Spermatophyta, Praktikum, Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Mutia
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:11
Last Modified: 19 Sep 2019 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item
View Item