Efektivitas Pembelajaran Metodelogi Penelitian dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester Akhir Prodi S1 Ilmu Perpustakaan (Angkatan 2011)

Indra Darmawan, 530902130 (2016) Efektivitas Pembelajaran Metodelogi Penelitian dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester Akhir Prodi S1 Ilmu Perpustakaan (Angkatan 2011). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pembelajaran Metodelogi]
Preview
Text (Membahas Tentang Pembelajaran Metodelogi)
Indra Darmawan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Pembelajaran Metodelogi Penelitian dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester Akhir Prodi S1 Ilmu Perpustakaan (Angkatan 2011)”, Adapun rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah Apakah pembelajaran MK Metodologi penelitian pada mahasiswa semester akhir prodi S1 ilmu perpustakaan dapat efektif terhadap kemampuan menulis mahasiswa? dan kendala apa saja yang dihadapi mahasiswa dalam menulis tugas akhri (skripsi) tersebut. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran MK Metodologi Penelitian dan pengaruhnya terhadap kemampuan menulis mahasiswa semester akhir prodi S1 Ilmu Perpustakaan (Angkatan 2011), dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi mahasiswa semester akhir Prodi S1 ilmu Perpustakaan (Angkatan 2011) dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi). Metode penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa APK Angkatan 2011 yang berjumblah 83 orang, sedangkan yang penulis teliti ialah mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sebanyak 25 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah Metodelogi Penelitian terhadap kemampuan menulis tugas akhir mahasiswa fakultas adab dan Humaniora jurusan IP angkatan 2011 sudah dapat dikatakan efektif. Ada pun kendala-kendala yang menghambat mahasiswa lulus kuliah yaitu, malas, takut bertemu dengan dosen pembimbing, minimnya waktu bimbingan, kurangnya referensi buku-buku yang fokus terhadap judul, kurang terbiasa dengan system kerja terjadwal, sulit menyesuaikan diri dengan dosen pembimbing skripsi. Kurangnya biaya /biaya terbatas, tidak mempunyai pengalaman dalam menulis karya ilmiah, kesulitan mengolah data dan keterampilan menulis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr.Misri A. Muchsin, MA 2.Drs. Khatib A. Latief, M.Lis
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Mahasiswa, Metodelogi, Penelitian
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:49
Last Modified: 22 Oct 2017 09:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item
View Item