Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make-A Match pada Materi Barisan dan Deret Kelas X MAN Sigli 1 Pidie

Misna Muthiah, 260919246 (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make-A Match pada Materi Barisan dan Deret Kelas X MAN Sigli 1 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa.]
Preview
Text (Membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa.)
Misna Muthiah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Peningkatan kualitas pendidikan terus ditingkatkan melalui
peranan guru sebagai pengajar dan pendidik. Mengatasi hal tersebut, tentu seorang guru dalam proses pembelajaran berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan,
salah satu diantaranya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match pada materi barisan dan deret di kelas X MAN Sigli 1 Pidie. (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di kelas X MAN Sigli 1 Pidie melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X-2 MAN Sigli 1 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian nya adalah: (1) lembar aktivitas siswa, (2) lembar observasi kemampuan guru mengajar, (3) lembar tes, dan (4) lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi waktu ideal, dan pada siklus ke II aktivitas siswa sudah memenuhi waktu ideal. Hasil penelitian kemampuan guru mengajar pada siklus I dalam
kategori baik yaitu 84,21% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,57%. Hasil belajar siswa sebesar 76% pada siklus I, dan meningkat menjadi 91,17% pada siklus II dan nilai tes akhir siswa tercapai ketuntasan sebesar 94,12 % . Hasil
respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif dengan nilai rata-rata 3,02. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta membantu mengembangkan keterampilan intelektual siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dra. Hafriani, M.Pd; NIP. 196805301995032002; 2. Drs.Asnawi Adam, M.Pd; NIP. 197005101995031002
Uncontrolled Keywords: Make-A Match, Barisan dan Deret
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:52
Last Modified: 04 Oct 2017 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item
View Item