Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Banda Aceh

Firman Syah Putra, 261222867 (2016) Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemempuan berfikir siswa]
Preview
Text (Membahas tentang pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemempuan berfikir siswa)
Firman Syah Putra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini guru hanya mengkondisikan anak “menerima” kurang aktif dalam mencari dan menemukan informasi baru untuk memecahkan masalah. Hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif menjadi tidak optimal, akibatnya siswa tidak dapat mengembangkan suatu gagasan (cara) khususnya dalam latihan soal. Peran guru sangat penting dalam menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Rancangan penelitian bersifat Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Banda Aceh, dan sampel yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan uji-t dengan bantuan SPSS 21 setelah data dikonversikan ke skala interval dengan bantuan MSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Banda Aceh yang diajarkan melalui pendekatan open-ended lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample Test diperoleh bahwa nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Selainitu, berdasarkan uji One Sample Test dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pada materi sistem persamaan linear dua variabel mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 dengan α = 0,05 ternyata nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diberi perlakuan tergolong pada kategori sedang, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan open-ended kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata posttest 77.17 tergolong pada kategori kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. ZainalAbidin, M.Pd; NIp. 197105152003121005; 2. Zikra Hayati, M.Pd; NIP. 198410012015032005
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Pendekatan Open-Ended
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 08:52
Last Modified: 04 Oct 2017 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item
View Item