Kompetensi Sosial Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan

Rina Sari. S, 271324784 (2016) Kompetensi Sosial Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan kelompok.]
Preview
Text (Membahas tentang kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan kelompok.)
Rina Sari. S.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi sosial guru bimbingan konseling perlu diperhatikan terkait dengan keberhasilan layanan bimbingan kelompok siswa. Kenyataannya, siswa kurang yakin menceritakan masalahnya kepada guru bimbingan konseling dan kurang terbuka kepada guru bimbingan konseling saat layanan bimbingan kelompok berlangsung, hal ini dapat menyebabkan kompetensi sosial guru bimbingan konseling kurang diterapkan. Masalah yang terjadi di SMK Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan bahwasanya para siswa kurang mengaplikasikan solusi yang disarankan oleh guru BK dan bahkan para siswa kurang berminat mengkomunikasikan masalahnya kepada guru BK, guru BK tidak banyak waktu untuk berkomunikasi dengan siswa saat di luar di kelas karena hanya satu orang guru BK bertanggungjawab untuk mengampu seluruh siswa, guru BK juga sibuk membuat laporan administrasi BK, sehingga sedikit waktu bagi guru BK untuk bertatap muka dengan siswa, baik itu untuk memberikan informasi maupun bercengkrama dengan siswa di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kompetensi sosial guru bimbingan konseling terhadap siswa di SMKN 1 Labuhanhaji, dan komunikasi guru bimbingan konseling dalam layanan bimbingan kelompok di SMKN 1 Labuhanhaji dan kendala-kendala yang dihadapi guru bimbingan konseling dalam layanan bimbingan kelompok di SMKN 1 Labuhanhaji. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, satu orang guru BK dan lima orang siswa SMKN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu memilih data yang dianggap penting, penyajian data yaitu menyajikan sekumpulan informasi yang didapatkan dari hasil penelitian di lapangan, dan penarikan simpulan yaitu hasil penelitian yang menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK berkomunikasi secara lisan, tulisan dan isyarat dengan siswa, bergaul secara efektif dengan siswa, bersikap terbuka, empati, sikap mendukung dan bersikap positif. Kendala-kendala yang ditemukan yaitu terlalu singkat waktu yang disediakan di sekolah, tidak adanya ruang bimbingan konseling di sekolah, sikap siswa yang kurang terbuka menceritakan masalahnya dalam layanan bimbingan kelompok, kurangnya pemahaman siswa tentang peran guru BK, kepala sekolah kurang perhatian terhadap suksesnya layanan bimbingan konseling dan guru BK kurang berkomunikasi dengan siswa di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Hasbi Wahy, M.Pd; NIP. 195303031985031001; 2. Nurussalami, S.Ag., M.Pd; NIP. 197902162014112001
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Guru Bimbingan Konseling, Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:52
Last Modified: 05 Oct 2017 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item
View Item