Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Intruction) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang di SMP Negeri I Teunom

Nurmala Sari, 251222766 (2016) Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Intruction) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang di SMP Negeri I Teunom. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran langsung (Direct Instruction).]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran langsung (Direct Instruction).)
Nurmala Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bidang pengajaran fisika pada materi gelombang, menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran fisika dikarenakan kurangnya penerapan model yang sesuai terhadap materi yang diajarkan kepada siswanya. Sehingga proses belajar mengajar tidak berejalan dengan lancar dan kurangnya keterlibatan antara guru dan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pengajaran langsung (Direct Intruction) terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang di SMP Negeri I Teunom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen betul-betul (true eksperimen) dengan desain penelitian Pre test- Post test Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri I Teunom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Teunom . Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIA yang berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIIIB yang berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa yaitu 8,74 > 1,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pengajaran langsung (Direct Intruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Bahkan respon siswa terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pengajaran langsung (Direct Intruction). Hal ini diperkuat dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menerapkan model pengajaran langsung dengan rata-rata yang diperoleh nilai pre test adalah 33,125 dan post test 50, kemudian ketika menerapkan model pengajaran langsung di kelas eksperimen meningkat menjadi pre test 33, 125 dan post test 75,31 .sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa akan semakin meningkat dan pencapaian KKM pun akan dapat tercapai dengan maksimal dan diatas rata-rata. Bahkan nilai persentase respon siswa kebanyakan menyatakan kriteria sangat tertarik adalah 97,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs.Wardi A.Wahab, M.Ag; NIP. 1952061719187331001; 2. Fitriyawany, M.Pd; NIP. 1982081920060422002
Uncontrolled Keywords: Model Pengajaran Langsung, Direct Intruction, Hasil Belajar, Gelombang
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:56
Last Modified: 05 Oct 2017 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item
View Item