Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Menggunakan Media Video pada Materi Fluida Statis di SMA Leumbah Seulawah

Husmawati, 251222797 (2016) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Menggunakan Media Video pada Materi Fluida Statis di SMA Leumbah Seulawah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual.]
Preview
Text (Membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual.)
Husmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dikarenakan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, kurang fokus, sering mengalihkan perhatiannya pada hal-hal lain, dan pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan bervariasi sehingga hasil belajar tidak tercapai. Karakteristik kurangnya hasil belajar siswa tersebut dapat dijelaskan melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual menggunakan media video pada materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Seulawah; 2) Mengetahui respon siswa dalam menerapkan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media video pada materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Seulawah; 3) Mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapkan pendekatan kontekstual menggunakan media video pada materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Seulawah. Jenis Penelitian ini adalah pre eksperimen dengan design one group pretets-posttest designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan angket(kusioner). Data dianalisis menggunakanN-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas XIsecara keseluruhan pada kategori tinggi meningkat mencapai 48%, kategori sedang mencapai 44% dan kategori rendah mencapai 8%. Peningkatan hasil belajar berdasarkan aspek kognitif paling menonjolditunjukkan pada aspek pengetahuan yaitu mencapai 72%, aspek evaluasi meningkat mencapai 60%, aplikasi dan analisis meningkat mencapai56%, sintesis meningkat mencapai 52% dan pada aspek pemahaman meningkat yaitu sebesar 36%. Respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media video mendapatkan respon sangat setuju yang ditunjukkan dengan respon siswa menjawab sangat setuju mencapai 50% dan setuju 38,4%. Aktivitas guru meningkat setiap pertemuanya yang ditunjukkan pada pertemuan pertama 84,55%, kedua 89,84% dan pertemuan ketiga 95,58%. Aktivitas siswa juga meningkat setiap pertemuanya yang ditunjukkan pada pertemuan pertama 82,35%, kedua 90,62%, dan pertemuan ketiga 96,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muliadi, M. Ag; NIP. 197210152007101003; 2. Arusman, M.Pd; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Media Video, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:14
Last Modified: 05 Oct 2017 08:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item
View Item