Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN Alue Rindang

Masna Huri, 201223448 (2016) Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN Alue Rindang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT).]
Preview
Text (Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT).)
Masna Huri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (836kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di MIN Alue Rindang, secara umum masih sering berorientasi pada guru, siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, kurangnya pengunaan model pembelajaran oleh guru yang bervariasi khususnya dalam pembelajaran IPS, menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk mempelajari materi,dan siswa kurang tertarik pada pelajaran IPS, Sehingga banyak siswa yang melakukan hal-hal diluar pembelajaran. Model Team Game Tournament adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan penelitian, observasi, refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model kooperatif tipe Team Game Tournament serta untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN Alue Rindang Aceh Besar setelah menggunakan model Team Game Tournament. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Alue Rindang Aceh Besar yang berjumlah 14 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus Imasih dalam kategori baik dengan nilai 77,08% menjadi 83.33% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai persentase 61.36% dengan kategori cukup, meningkat menjadi 84.09% pada siklus ke II dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN Alue Rindang Aceh Besar dengan penerapan model Team Game Tournament dapat dilihat dari hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes siklus I adalah 8 siswa tuntas (57,14%) dan 6 siswa tidak tuntas (42,85%). Sedangkan hasil tes siklus ke II mengalami peningkatan yaitu 12 siswa tuntas (85,71%) dan 2 siswa tidak tuntas (14,29%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ridwan M. Daud, M. Ed; NIP. 196505162000031001; 2. Fajriah, MA; NIP. 198203182007122007
Uncontrolled Keywords: Model Team Game Tournament, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:37
Last Modified: 06 Oct 2017 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item
View Item