Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh

Khairul Warisi, 261020732 (2016) Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang representasi matematis berdasarkan tingkat kemampuan.]
Preview
Text (Membahas tentang representasi matematis berdasarkan tingkat kemampuan.)
Khairul Warisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa disebabkan oleh faktor kurang terlatihnya siswa dalam memecahkan masalah matematika kontekstual padahal mereka sering menemukannya di kehidupan sehari-hari. Untuk memecahkankan masalah matematika yang dihadapi membutuhkan pemikiran dan pemahaman konsep matematika tingkat tinggi. Salah satu contohnya dalam memecahkan soal terbuka materi sistem persamaan linier dua variabel yang menjadi masalah bagi siswa, sehingga pemecahan masalah dalam matematika sangat perlu dikuasai oleh siswa dengan baik, serta memerlukan keterampilan bernalar dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Keberagaman representasi yang muncul dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier antara satu siswa dengan siswa lainnya. Hal ini disebabkan karena kemampuan matematika siswa berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berdasarkan kemampuan matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 6 siswa yang mempunyai kemampuan matematika yang berbeda, yaitu 2 siswa kemampuan tinggi, 2 siswa kemampuan sedang, dan 2 siswa kemampuan rendah yang diambil dari kelas VIIIA SMP Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan representasi matematis menurut tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang sistem persamaan linier dua variabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa tingkat kemampuan “tinggi” memiliki kemampuan representasi verbal tinggi, kemampuan representasi visual rendah dan kemampuan representasi simbolik tinggi. Siswa tingkat kemampuan “sedang” memiliki kemampuan representasi simbolik tinggi, kemampuan representasi visual rendah dan representasi verbalnya sedang. Siswa tingkat kemampuan “rendah” memiliki kemampuan representasi visual rendah, kemampuan representasi simbolik dan verbalnya sedang. Kecenderungan representasi matematis dari keenam subjek adalah representasi matematis dalam bentuk simbolik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; NIP. 197105152003121005; 2. Susanti, S.Pd.I, M.Pd; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Tingkat Kemampuan Matematika, Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 04:08
Last Modified: 06 Oct 2017 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item