Pendekatan Kontekstual Berbasis Multimedia untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya di Kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya

Rebianti Agusman, 251222796 (2017) Pendekatan Kontekstual Berbasis Multimedia untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya di Kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Peningkatan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas Tentang Peningkatan Hasil Belajar)
SKRIPSI PDF KESELURUHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam membina dan membentuk manusia berkualitas tinggi. sehingga mutu pendidikan selalu menjadi pusat perhatian. Hasil belajar fisika siswa kelas VII pada umumnya masih rendah, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan pendekatan yang sesuai dengan kondisi dikelas, salah satunya yaitu pendekatan kontekstual berbasis multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi zat dan wujudnya dengan pendekatan kontekstual berbasis multimedia di kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya. 2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis multimedia di kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya. 3) Mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan kontekstual berbasis multimedia di kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design, sedangkan desainnya menggunakan Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di SMPN 8 Kuala Nagan Raya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Kuala Nagan Raya semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yaitu kelas VII1 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan Uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar, diperoleh persentase bahwa pada kategori tinggi mencapai 45%, kategori sedang mencapai 40%, dan kategori rendah mencapai 15%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya respon yang sangat setuju dengan pendekatan kontekstual berbasis multimedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Isa, M.Si 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: CTL, Multimedia, Hasil Belajar, Zat dan Wujudnya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: ms rebi rebianti agusman
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:31
Last Modified: 10 Oct 2017 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item
View Item