Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW) Berbantu Media Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMAN 2 Aceh Barat Daya

Nurmila, 291324961 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW) Berbantu Media Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMAN 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pengaruh model dan media pembelajaran]
Preview
Text (membahas tentang pengaruh model dan media pembelajaran)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan materi, struktur dan sifat. Sampai saat ini pembelajaran kimia di sekolah umumnya belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Di sekolah, kimia termasuk pelajaran yang masih dianggap sulit dan susah dipahami oleh siswa. Salah satu penyebabnya karena cara penyampaian guru dalam pembelajaran masih cenderung diskusi ceramah dan guru jarang menggunakan media kreatif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa serta pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantu Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental Designe. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 orang, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas X3 (eksperimen) berjumlah 30 orang, dan siswa kelas X5 (kontrol) berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, angket yang berisi respon siswa, dan tes tertulis yang terdiri dari pre-test, post test. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantu media kartu tergolong aktif dengan persentase dari dua orang pengamat adalah 88,39%, sesuai dengan kriteria aktivitas siswa di mana 86 – 100 dinyatakan sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantu media kartu baik sekali, dinyatakan bahwa nilai yang diperoleh dari kategori “ya” adalah 88,99%. Kemudian data hasil tes yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu t9,21 > t1,67 , maka H0 ditolak. Dengan demikian, Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantu media kartu terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa di SMAN 2 Abdya”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M. Ed 2. Teuku Badlisyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write,Media Kartu, Hasil Belajar, Tata nama senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Mila
Date Deposited: 20 Nov 2017 09:12
Last Modified: 20 Mar 2018 06:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item
View Item