Penggunaan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Oemar Diyan Aceh Besar

Linda Masrura S, 291324981 (2017) Penggunaan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Oemar Diyan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan]
Preview
Text (Membahas Tentang Pendidikan)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik. Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahaminya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan LKS berbasis discovery learning terutama pada materi asam basa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa serta hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning pada materi asam basa. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAS Oemar Diyan Aceh Besar, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi (pengamatan), tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan persentase. Dari 40 orang siswa, 37 siswa tuntas dalam belajarnya dengan persentase 92,5%, sedangkan yang tidak tuntas hanya 3 orang dengan persentasenya 7,5%. Nilai kentuntasan sesuai dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran kimia yaitu 78. Dalam belajar menggunakan LKS berbasis discovery learning mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa. Siswa merasa senang dengan model pembelajaran yang diterapkan. Adapun persentase respon siswa yaitu 85,25%, sedangkan persentase aktivitas siswa yaitu 93,26%. Kesimpulan dari penelitian adalah aktivitas siswa sudah baik sekali, respon siswa sangat positif dan hasil belajar siswa sudah menunjukkan nilai yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir.Amna Emda, M.Pd 2. Muammar Yulian, M.Si
Uncontrolled Keywords: LKS Berbasis Discovery Learning, Hasil Belajar, Aktivitas, dan Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lindaa Masruraa s
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:51
Last Modified: 11 Oct 2017 07:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item
View Item