Pengaruh Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di Kelas VII SMPN 1 Simpang tiga Kabupaten Aceh Besar

Shafira Aulia Hakim, 281324921 (2017) Pengaruh Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di Kelas VII SMPN 1 Simpang tiga Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Media]
Preview
Text (Pendidikan; Media)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media yang terpaku pada buku paket dan kurang bervariasi dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar peserta didik termasuk di SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar, hampir 70% siswa tidak tuntas mencapai ketuntasan kriteria minimal (KKM) khususnya pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dimana KKM yang ditetapkan adalah 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan media lain yang mampu mempengaruhi aktivitas, ketuntasan belajar siswa serta hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan media videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media videoscribe terhadap aktivitas, ketuntasan belajar dan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan April 2017. Rancangan dalam penelitian menggunakan pre eksperimental design one group design pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari siswa kelas VII-A dan VII-B sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-B yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi dan lembar soal. Aktivitas belajar siswa dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata aktivitas belajar siswa, ketuntasan belajar siswa dianalisis menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh aktivitas belajar siswa tergolong baik dengan nilai rata-rata 3,65, sedangkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media videoscribe diperoleh 17 siswa telah tuntas secara individual sedangkan secara klasikal rata-rata siswa yang tuntas adalah 85% , dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung ≥ ttabel atau thitung 13,785 ≥ ttabel 2,093 dimana Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media videoscribe berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar.
Kata kunci : Media videoscribe, aktivitas, ketuntasan belajar, dan hasil
belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.,St 2. Eriawati, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media videoscribe, aktivitas, ketuntasan belajar, dan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Shafira Aulia Hakim
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:07
Last Modified: 11 Oct 2017 08:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item
View Item