Efektivitas Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa Tunarungu di SMPLB YPPC Banda Aceh

Lailawati, 211323724 (2017) Efektivitas Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa Tunarungu di SMPLB YPPC Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Metode Pembelajaran)
Lailawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa tunarungu merupakan anak yang mengalami hambatan pendengaran serta memerlukan penanganan khusus dalam proses pembelajaran. Kunci keberhasilan proses pembelajaran tersebut ditentukan oleh beberapa komponen, diantaranya guru, metode yang digunakan, media dan fasilitas pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja metode yang efektif bagi siswa tunarungu dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana prestasi belajar yang dicapai siswa tunarungu di SMPLB YPPC Banda Aceh dengan menggunakan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Apa saja kendala serta solusi permasalahan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang sering digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk siswa tunarungu adalah metode ceramah, drill, tanya jawab, demonstrasi keteladanan dan penugasan, adapun metode yang paling efektif adalah metode drill, demonstrasi dan keteladanan. Prestasi yang dicapai dari metode yang digunakan seperti akhlak siswa yang bagus serta semangat siswa dalam menjalankan kegiatan keagamaan di sekolah.Kendala yang dijumpai seperti kurangnya fasilitas, kurangnya tenaga pengajar agama, guru yang bukan lulusan PLB, kategori siswa tunarungu yang berbeda dalam satu kelas, dan kurangnya kepedulian dari orangtua murid. Untuk solusi dari kendala tersebut perencanaan pembangunan untuk sekolah baru, guru mengikuti S1 kedua dengan jurusan PLB, upaya pengembangan komunikasi, dan yang menjadi pendukung adalah siswa yang nurut, kepala sekolah yang arif, bijak serta adil, guru mengajar dengan sabar dan ikhlas, serta hubungan yang terjalin baik antara guru dan murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hj. Nurjannah Ismail, MA. g 2. Dr. Yuni Roslaili, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan, Agama Islam, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailawati RZ
Date Deposited: 21 Nov 2017 06:43
Last Modified: 21 Nov 2017 06:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item
View Item