Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Menggunakan Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Julia Kartika, 201325052 (2017) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Menggunakan Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Pendekatan; Media]
Preview
Text (Pendidikan; Pendekatan; Media)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendekatan yang tidak bervariasi, membuat siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran, dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa rendah terhadap materi pembelajaran matematika khususnya materi pecahan. Hal ini terlihat berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika yang mengajar di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Pendekatan realistic mathematic educationmenjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan pendekatan realistic mathematic educationmenggunakan kartu dominopada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa.Penelitian ini berlangsung dalam III siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi guru pada siklus I dengan presentase 70,6% (cukup), kemudian mengalami peningkatan pada siklus ke II dengan presentase 74,3% (cukup), kemudian pada siklus III terus meningkat dengan presentase 96% (sangat baik). Pada siklus Idengan presentase aktivitas siswa 71,8% (cukup) terlihat bahwa masih sangat banyak kekurangan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase aktivitas siswa 79% (cukup), kemudian pada siklus III mengalami peningkatan dengan presentase 92% (sangat baik). Berdasarkan hasil belajar siswa pada tes awal 7,69% masih dibawah KKM, kemudian pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 25,64%. Pada siklus II tingkat ketuntasan siswa meningkat menjadi 51,28%, lalu pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 84,61% dan tes akhir hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan KKM secara klasikal dengan persentase 87,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics education dengan menggunakan kartu domino hasil belajar siswa meningkat pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M.Pd 2.Darmiah, M.A
Uncontrolled Keywords: Mengenai Pendidikan Mengfunakan Media Kartu Domino
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Julia lia Kartika
Date Deposited: 21 Nov 2017 06:44
Last Modified: 21 Nov 2017 06:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item
View Item