Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI MAN Darussalam

sarti kaedah, 291223299 (2017) Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI MAN Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kesetimbangan Kimia]
Preview
Text (Membahas Tentang Kesetimbangan Kimia)
sarti kaedah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dialami siswa dalam pembelajaran kimia antara lain guru masih menggunakan metode ceramah dan sesekali menggunakan metode diskusi, metode diskusi kurang memotivasi siswa dalam belajar, sedangkan metode ceramah siswa hanya menyimak dan mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru sehingga siswa tidak bisa melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan belajar. Media pembelajaran yang digunakan di MAN Darussalam hanya power-point (PPT) dan LKS, sehingga minat dan motivasi pada mata pelajaran kimia khususnya masih rendah serta siswa kurang menyukai mata pelajaran kimia karena dianggap sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif di kelas XI IPA MAN Darussalam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN yang terdiri 3 kelas dengan jumlah 89 orang, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) yang menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu pengambilan secara khusus berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan pemberian tes berbentuk multiple choise. Data observasi dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa tergolong sangat tinggi yaitu pada kelas eksperimen adalah 86,25% sedangkan pada kelas kontrol adalah 76,56%. Persentase respons siswa termasuk ke dalam kriteria sangat tertarik yaitu 95% untuk jawaban pilihan “ya” sedangkan 4,9% untuk pilihan jawaban “tidak”. Hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,55 > 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penggunaan multimedia interaktif lebih tinggi dari pada tanpa penggunaan multimedia interaktif pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI IPA MAN Darussalam Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Ir. Amna Emda, M. pd
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sarti kaedah
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:39
Last Modified: 18 Oct 2017 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item
View Item