Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar

Fifi Wulandari, 201223492 (2017) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Model Pembelajaran]
Preview
Text (Pendidikan; Model Pembelajaran)
Fifi Wulandari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah untuk menghasilkan karya kreatif, baik secara individual maupun secaraberkelompok, namun pada kenyataanya kemampuan siswa berpikir kreatif dalam matematika masih sangat rendah. Adapunupaya yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah dengan penerapan pendekatan Open Ended.Pendekatan Open Ended merupakan salah satu pendekatan yang dapat membantu siswa melakukan penyelesaian masalah secara kreatif dan menghargai keragaman berpikir yang mungkin timbul selama mengerjakan soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MIN Miruk Aceh Besar melalui penerapan pendekatan Open-Ended. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Miruk Aceh Besar tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 36 siswa. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal pre-test dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,18% dan meningkat pada siklus II mencapai 93,33% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75,29% dan meningkat pada siklus II mencapai 92,5% dengan kategori sangat baik, respon siswa terhadap penerapan pendekatan Open-Ended adalah sangat positif dan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap indikator mengalami peningkatan, adapun pada siklus I yaitu: pada aspek orisinalitas sebesar 9,72%, pada aspek kelancaran sebesar 58,32%, pada aspek keluwesan sebesar 11,1%, pada aspek elaborasi sebesar 4.16%. Dan meningkat pada siklus II, yaitu: pada aspek orisinalitas sebesar 79,16%, pada aspek kelancaran sebesar 73,61%, pada aspek keluwesan sebesar 65,27%, dan pada aspek elaborasi meningkat sebesar 70,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV-B MIN Miruk Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muslim Razali, S.H, MA 2. Herawati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Open-Ended
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: fifi wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:30
Last Modified: 22 Nov 2017 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item
View Item