Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory

Warul Walidin, . and Saifullah Idris, 2006047203 and Tabrani, . (2015) Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press, Banda Aceh. ISBN 978-602-18962-8-0

[thumbnail of Mengkaji tentang Metodologi Penelitian.]
Preview
Text (Mengkaji tentang Metodologi Penelitian.)
Full Buku MP Kualitatif & Grounded Theory.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam berbagai kesempatan selalu diperdebatkan sepanjang waktu, di mana tolak ukur yang digunakan untuk tiap-tiap paradigma selalu menjadi perhatian utama para peneliti. Perdebatan muncul karena perbedaan cara pandang sebuah sistem kehidupan. Dilema penelitian kualitatif dan kuantitatif, sebenarnya terpusat kepada masalah apakah ada hubungan antara paradigma penelitian dan tipe metodologi kedua jenis penelitian tersebut. Jika penelitian kuantitatif biasanya lebih menekankan kepada cara pikir yang lebih positivistik yang bertitik tolak dari fakta sosial yang ditarik dari realitas objektif, di samping asumsi teoritis lainnya, maka penelitian kualitatif bertitik tolak dari paradigma fenomenologis yang objektivitasnya dibangun atas rumusan tentang situasi tertentu sebagaimana yang dihayati oleh individu atau kelompok sosial terbaru dan relevan dengan tujuan dari penelitian itu. Berbeda dengan penelitian kuantitatif, tetapi lebih berupaya memahami situasi tertentu. Penelitian kualitatif dapat memberikan banyak pilihan cara untuk melihat, menafsirkan dan memaknai suatu fenomena yang sesungguhnya terjadi dilingkungkan sekitar manusia.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Metodologi, Penelitian, Kualitatif, Grounded Theory
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saifullah Idris
Date Deposited: 20 Oct 2017 09:03
Last Modified: 03 Jan 2018 05:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item
View Item