محاولاتإصلاح أخطاء استعمال الضمائر في مهارة الكلام (دراسة تجريبية للمرحلة المتوسطة بمعهد روح الإسلام بـأتشية الشمالية

Khairun Nisak, 221324110 (2017) محاولاتإصلاح أخطاء استعمال الضمائر في مهارة الكلام (دراسة تجريبية للمرحلة المتوسطة بمعهد روح الإسلام بـأتشية الشمالية. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Dhamir]
Preview
Text (Membahas Tentang Dhamir)
Khairun_Nisak_221324110.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah upaya memperbaiki kesalahan penggunaan dhamir pada keterampilan berbicara (pembelajaran eksperimen pada kelas dua sekolah menengah pertama di pesantren ruhul islam aceh utara). Peneliti memilih judul ini karena siswa kurang memiliki pengetahuan tentang penggunaan dhamir yang sesuai dengan kata kerja ketika berbicara Bahasa Arab dan mereka merasa kesulitan pada penerapannya dalam percakapan. Oleh sebab itu, peneliti berupaya untuk memperbaiki kesalahan penggunaan dhamir dengan menggunakan tabel-tabel pada pembelajaran tashif dan hubungannya pada percakapan di dalam pembelajaran ilmu sharaf. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui bahwa upaya yang dilakukan peneliti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan dhamir pada keterampilan berbicara serta mendorong minat siswa dalam menghubungkan tashrif- tashrif pada percakapan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa di sekolah menengah pertama pesantren ruhul islam sejumlah 142 siswa. Adapun sampelnya yaitu siswa kelas dua dengan jumlah 28 siswa. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi dan tes. Adapun nilai yang dihasilkan peneliti berdasarkan upaya yang dilakukannya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan dhamir pada keterampilan berbicara berdasarkan perhitungan nilai t tes lebih besar dari nilai yang terdapat pada tabel nilai t (2,05<16,80>2,77). Juga menumbuhkan minat siswa dalam mempelajari tashrif-tashrif dan keterkaitannya ketika berbicara. Hal ini diketahui dari perkiraan hasil nilai observasi kegiatan guru dengan nilai P= 95% dan kegiatan siswa dengan nilai P= 96,42% keduanya berada pada batasan antara 81-100% yang berarti sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: memperbaiki kesalahan dhamir, Kemahiran berbicara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: khairunnisak amro
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:53
Last Modified: 24 Oct 2017 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item
View Item