Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan

Rahmalia, 291325034 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang]
Preview
Text (Membahas tentang)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang belum tepat dengan subtansi materi cenderung membuat siswa menjadi pasif merupakan salah satu faktor yang menurunkan kualitas dan mutu pendidikan. Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Labuhanhaji menunjukkan bahwa, hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pemilihan model pembelajaran yang belum tepat dengan subtansi materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran talking stick pada materi koloid di SMAN 1 Labuhanhaji. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan angket respon siswa. Sampel dari penelitian ini adalah XI IPA 2 sebangai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen masing-masing sebanyak 29 siswa. Teknik analisis dengan menggunakan analisis uji-t dan data respon siswa dengan analisis persentase. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar yaitu 83, sedangkan kelas kontrol hanya 71, dibuktikan dengan analisis uji-t manunjukkan bahwa t_tabel= 1,67 < t_hitung = 4 maka H0 ditolak sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Kemudian analisis respon siswa terbukti rata-rata penjumlahan antara sangat tertarik dan tertarik sebesar 83% siswa tertarik dengan penerapan talking stick dan hanya 17% siswa yang tidak tertarik, sehingga untuk kriteria respon siswa, 83% tertarik dengan penerapan model pembelajaran talking stick.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M. Ed; 2. Muammar Yulian, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar, Koloid, Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahma Lia
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:42
Last Modified: 27 Oct 2017 08:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item
View Item