Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho

Masthura Muliani, 211222313 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw.]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw.)
Masthura Muliani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru menempati posisi penting dan juga merupakan penentu berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh guru. Dengan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak dengan penerapan model cooperative tipe jigsaw pada siswa kelas VIII MTs Al-fauzul Kabir. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir? bagaimana respon siswa dengan menggunakan pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 87,5 %. Respon siswa. terhadap pelaksanaan model cooperative tipe jigsaw tergolong sangat positif. Penerapan model cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan mendapat respon yang sangat positif dari siswa dengan rentang nilai 3,50. Jadi, guru dapat menerapkan model cooperative tipe jigsaw dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Juairiah Umar, M.Ag; 2. Mashuri, S.Ag.,MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:14
Last Modified: 27 Oct 2017 08:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item
View Item