Penerapan Model Pembelajaran REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X di MAS Lamno

Maulidar, 291324955 (2017) Penerapan Model Pembelajaran REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X di MAS Lamno. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran)
SKRIPSI MAULIDAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi reaksi reduksi dan oksidasi (redoks) merupakan salah satu judul pada pokok bahasan di semester II kelas X. Materi tentang redoks sering dijumpai dalam kehidupan. Materi redoks termasuk materi yang sulit untuk dipahami hanya mempelajari teori saja, melainkan dibutuhkan banyak pengerjaan latihan dan tugas. Hasil observasi yang dilakukan di kelas X IPA2 MAS Lamno menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana lebih dari 50% siswa tidak tuntas dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjudul: Penerapan Model Pembelajaran REACT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Di MAS Lamno. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA2 MAS Lamno yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model REACT. Semua data yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari 88,28% pada siklus I dan 95,31% pada siklus II. Aktivitas siswa dengan penerapan model REACT mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan persentase 90,83% menjadi 95,83%, dan respon siswa terhadap penerapan model REACT adalah siswa berminat dengan model REACT pada materi redoks, hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks di MAS Lamno.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M. Pd 2. Muammar Yulian, M. Si
Uncontrolled Keywords: penerapan, model pembelajan REACT, materi redoks, aktivitas guru, aktivitas siswa, respon, dan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email maulidaer@gmail.com
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:52
Last Modified: 21 Mar 2018 07:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item
View Item