Efektivitas Kelas Literasi Informasi Terhadap Pemanfaatan E-Book oleh Mahasiswa S1 di Perpustakaan Unsyiah

Muliani, 531202868 (2017) Efektivitas Kelas Literasi Informasi Terhadap Pemanfaatan E-Book oleh Mahasiswa S1 di Perpustakaan Unsyiah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kelas literasi informasi.]
Preview
Text (Membahas tentang kelas literasi informasi.)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Efektivitas Kelas Literasi Informasi Terhadap Pemanfaatan E-Book Oleh Mahasiswa S1 Di Perpustakaan Unsyiah”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat keefektivan kelas literasi terhadap pemanfaatan e-book di Perpustakaan Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linear sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kelas literasi informasi yang diterapkan oleh Perpustakaan kurang efektiv terhadap pemanfaatan e-book di Perpustakaan Unsyiah. Hipotesis tersebut penulis buktikan dengan mengumpulkan data melalui angket. Angket penulis edarkan kepada 97 responden di Perpustakaan Unsyiah dengan teknik pengambilan sampel random sampling dari keseluruhan populasi yang berjumlah 2.923 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektivan yang sedang antara kelas literasi informasi terhadap pemanfaatan e-book di Perpustakaan Unsyiah. Penelitian membuktikan bahwa kelas literasi informasi kurang efektiv terhadap pemanfaatan e-book setelah dianalisis dengan regresi linear sederhana. ditemukan hasil penelitian menunjukkan adanya keefektivan yang sedang antara kelas literasi informasi dengan pemanfaatan e-book. Penelitian membuktikan bahwa kelas literasi informasi kurang efektiv terhadap pemanfaatan e-book yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 9,564. Dari persamaan tersebut terdapat nilai Fhitung sebesar 36,169. Dari hasil uji hipotesis terbukti bahwa Fhitung ≥ Ftabel yaitu 36,169 ≥ 3,94 yang artinya hipotesis yang menyatakan terdapat keefektivan yang signifikan sebesar 28% efektifitas kelas literasi informasi memiliki keefektivan yang sedang terhadap pemanfaatan e-book oleh mahasiswa/i S1 pada UPT Perpustakaan Unsyiah, sedangkan sisanya sebesar 72 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini pada Perpustakaan Unsyiah (Ha) di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khatib A. Latief M.Lis 2. Syukrinur M.Lis
Uncontrolled Keywords: Kelas Liteasi Informasi, Pemanfaatan E-book
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muliani Hasan
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:41
Last Modified: 30 Oct 2017 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item
View Item