Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Labuhanhaji

Yulia Angraini, 291325036 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas model pembelajaran mind mapping.]
Preview
Text (Membahas model pembelajaran mind mapping.)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran banyak siswa di SMAN 1 Labuhanhaji yang mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran kimia yang disampaikan oleh guru, kesulitan tersebut di antaranya pada materi konsep mol, dimana pada proses pembelajaran guru selalu menggunakan metode konvensional. Metode konvensional lebih berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif karena hanya berkesempatan mendengar penjelasan dari guru. Salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran mind mapping. Mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, inovatif, dan efektif. Metode ini akan memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami konsep-konsep yang telah dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Labuhanhaji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Data dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik uji homogenitas, uji normalitas dan uji t, sedangkan pada angket menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf kepercayaan 0,95 dengan derajat kebebasan df = (25+26 – 2) = 49 maka diperoleh t_tabel= 1,67 dan t_hitung= 3, t_(hitung )>t_tabel yaitu 3 > 1,67. Dan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran mind mapping positif dengan rata-rata presentase siswa yang tertarik 96,8 % dan selebihnya tidak tertarik. Maka dengan demikian hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menerapan model pembelajaran mind mapping dibandingkan dengan pembelajaran yang dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Labuhanhaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M. Ed; 2. Teuku Badlisyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Yulia Angraini
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:21
Last Modified: 21 Mar 2018 08:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item
View Item