Pemanfaatan Media Cetak untuk Peningkatan Penguasaan Materi PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh

Eka Sri Wahyuni, 211020423 (2017) Pemanfaatan Media Cetak untuk Peningkatan Penguasaan Materi PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pemanfaatan media cetak.]
Preview
Text (Membahas tentang pemanfaatan media cetak.)
GABUNGAN FULL. (PEMANFAATAN MEDIA CETAK UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar pada SMP Negeri 9 Banda Aceh pada kenyataannya guru belum memanfaatkan media cetak dengan baik untuk meningkatkan penguasaan materi PAI siswa kelas VIII SMP 9 Banda Aceh, sehingga mengakibatkan siswa sulit untuk menguasai materi PAI secara optimal, untuk mengatasi hal tersebut guru harus menggunakan media cetak yang bervariasi sehingga penguasaan materi PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda aceh lebih maksimal, oleh karena itu penulis tertarik untuk penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Media Cetak Untuk Peningkatan Penguasaan Materi PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah Bagaimana pengaruh media cetak dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh, Bagaimana kompetensi guru dalam pemanfaatan media cetak untuk peningkatan penguasaan materi PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh, Bagaimana problematika dan usaha solutif yang dihadapi oleh guru dan pemanfaatan media cetak untuk peningkatan penguasaan materi PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui rumus persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I hasil belajar siswa masih memiliki kekurangan yaitu siswa masih belum menguasai materi PAI dengan baik, diantaranya kurang kesediaannya siswa untuk menjawab pertanyaan, sebagian siswa belum terbiasa menggunakan media cetak yang bervariasi, kurangnya kekompakan dan keaktifan siswa, sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil kemampuan siswa mencapai 81. Dari hasil penelitian pada siklus I dapat diketahui nilai siswa telah mencapai 90% dari KKM yang diterapkan di sekolah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan hal ini dapat diketahui dengan nilai rata-rata hasil kemampuan siswa mencapai 84,7. Dari hasil post tes di atas dapat dilihat bahwa nilai akhir siswa sangat baik dengan mencapai 95% kelulusan siswa dari nilai KKM ini telah mencapai ketuntasan klasikal yang telah diterapkan pada materi PAI. Maka dapat disimpulkan penggunaan media cetak dalam proses pembelajaran materi PAI mampu meningkatkan penguasaan siswa terhadap pembelajaran materi PAI secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Umar Ali Azis. MA; 2. Dr. Saifullah. MA
Uncontrolled Keywords: Media Cetak, Peningkatan, Pengguasaan Materi PAI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EKA SRI WAHYUNI
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:42
Last Modified: 02 Nov 2017 01:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item
View Item