Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Model The Power Of Two di SMK Negeri 1 Lhoknga

Cut Yuni Afidah, 211323798 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Model The Power Of Two di SMK Negeri 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar)
SKRIPSI LENGKAP CUT YUNI AFIDAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan pontensial atau kapasitas yang dimilki seseorang. Hasil belajar dapat dikatakan tuntas apabila telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Akan tentapi hasil belajar (sejarah kebudayaan Islam) SKI selama ini di SMK Negeri 1 Lhoknga masih kurang, penyebab terjadinya karena beberapa faktor, diantaranya banyak siswa yang tidak memperhatikan guru di depan kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, tidak adanya interaksi belajar antara siswa dengan guru ketika proses pembelajaran berlangsung, selain itu selama proses pembelajaran belangsung banyak siswa yang sering keluar masuk kelas. Akibat dari beberapa faktor tersebut, maka berdampak kepada hasil belajar yang tidak memuaskan serta berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Maka pertanyaan dalam sripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam materi SKI dengan menggunakan model Active Learning tipe The Power Of Two di SMK Negeri 1 Lhoknga?, (2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan model Active Learning tipe The Power Of Two pada materi SKI di SMK Negeri 1 Lhoknga ? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Lhoknga dengan adanya penerapan model pembelajaran The Power Of Two pada materi SKI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif data yang dikumpukan melalui pre-tes, post-tes dan angket, kemudian data tersebut dianalis dengan menggunakan rumus Gain Score dan presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 1 Lhoknga yang menjadi Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan angket. Hasil penelitian dari data pre-tes dan post-tes melalui Uji Gain Score = 0,4689 pada kriteria 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan kategori rata-rata Sedang dan Presentase Respon siswa dengan kriteria sangat setuju (SS) = 60,724 %, setuju (S) = 88,8725 %, kurang setuju (KS) = 30,0888 %, tidak setuju (TS) = 6,94125 %, setuju (S) = 88,8725 %. Hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Lhoknga mengalami peningkatan dengan menggunakan model The Power Of Two pada materi sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, S. Ag., M. Ag. 2. Abdul Haris Hasmar, S. Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Belajar, Sejarah, Kebudayaan Islam, The Power of Two
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Yuni Afidah
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:18
Last Modified: 16 Nov 2017 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item