Hubungan Minat dan Prestasi Belajar Mahasiwa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Ar-Raniry

Khairul Husna, 211121053 (2017) Hubungan Minat dan Prestasi Belajar Mahasiwa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Hubungan Minat dan Prestasi Belajar]
Preview
Text (Hubungan Minat dan Prestasi Belajar)
khairul husna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri.Witherington mengelompokkan minat menjadi 2 macam yaitu:1. Minat primitif (biologis) dan 2. Minat cultural. Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Belajar yang efektif dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam skripsi ini adalah: Apa saja ragam minat belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap komponen-komponen Pendidikan Agama Islam? Bagaimana index prestasi (IP) mahasiswa PAI dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam ? serta bagaimana kesesuaian antara hubungan minat dan prestasi kuliah yang diperoleh Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja ragam minat belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap komponen-komponen Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana indeks Prestasi (IP) Mahasiswa PAI dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam serta bagaimana kesesuaian antara hubungan minat dan prestasi kuliah yang diperoleh Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry. Bentuk penelitian yaitu kualitatif, penelitian yang bermaksud untuk memahami suatu fenomena tentang apa yang diminati oleh peneliti. Teknik pengumpulandata dilakukan dengan cara mewawancarai sejumlah mahasiswa yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 3 orang dan angket yang berjumlah 31 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)ada minatyang cukup signifikan dari setiap individu mahasiswa/i. (2)ada pengaruh yang cukup baik terhadap prestasi yang diraih berdasarkan minat yang dimiliki oleh setiap mahasiswa/i yang mana semakin bagus minatnya maka semakin bagus prestasi yang akan mereka raih sesuai dengan kemampuan individu mahasiswa/i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muhibuddin Hanafiah, M.Ag 2. Wanty Khaira, M.Ed
Uncontrolled Keywords: minat, prestasi belajar mahasiswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairul Husna Zainuddin
Date Deposited: 22 Nov 2017 08:33
Last Modified: 22 Nov 2017 08:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item
View Item