Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Perpindahan Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Sigli

Muzammil, 251222826 Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Perpindahan Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang di lakukan di SMAN 2 Sigli dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Perpindahan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas X SMAN 2 Sigli”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi pada materi perpindahan kalor terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Sigli dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media animasi pada materi perpindahan kalor kelas X SMAN 2 Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah true-experimental, sedangkan desainnya Pretest-Posttest true-experimental Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Sigli. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X1 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas X2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan kesimpulan nilai
pretest dan posttest siswa kelas Eksperimen dapat dilihat bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai tertinggi pretest siswa kelas Eksperimen 45 dan mengalami pengaruh pada nilai posttest yaitu mencapai nilai tertinggi 100. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa t_(hitung> ) t_tabel 11,38 > 1,68 maka terima H_o.Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Media Animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMAN 2 Sigli khususnya pada materi perpindahan kalor. Dan Penggunaan media animasi dalam pembelajaran materi perpindahan kalor mendapat respon setuju dari siswa, ditunjukan dengan persentase respon siswa yang menjawab (STS) 18,33%, persentase siswa yang menjawab (TS) 17,77%, persentase siswa yang (S) 34,16%, dan persentase siswa yang menjawab (ST) 29,72%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animasi, Media
Subjects:
Depositing User: MUZAMMIL ABDULLAH
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:46
Last Modified: 22 Mar 2018 04:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item
View Item