Efektifitas Pengajian Ba’da Maghrib pada Yayasan Balee Seumeubeut Al-Aziiz di Tungkop Aceh Besar

Dahniar, 211323775 (2017) Efektifitas Pengajian Ba’da Maghrib pada Yayasan Balee Seumeubeut Al-Aziiz di Tungkop Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan]
Preview
Text (Membahas Tentang Pendidikan)
DAHNIAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB) | Preview

Abstract

Pengajian merupakan suatu proses pembelajaran dan mengajar baik al-Qur’an maupun mempelajari kitab-kitab lainya yang berkaitan dengan agama Islam. Pelaksanaan pengajian ba’da maghrib jauh lebih efektif dari pada pengajian yang dilaksanakan pada sore hari, seperti halnya Balee Seumeubet Al-Aziiz. Dalam pelaksanaan pengajian yaitu pembelajaran al-Qur’an juga mengalami beberapa kendala, dalam meningkatkan minat dan kemampuan para santri dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhrajnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, pertama, bagaimana efektifitas pengajian ba’da maghrib di Balee Seumeubeut Al-Aziiz, kedua, bagaimana metode pengajian ba’da maghrib yang dilaksanakan di Balee Seumeubeut Al-Aziiz dan ketiga, kendala apa saja yang menghambat pelaksanaan pengajian ba’ad maghrib di Balee Semeubeut Al-Aziiz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis data deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pelaksanaan pengajian ba’da maghrib di Balee Seumeubuet Al-Aziiz sudah efektif, terbukti berdasarkan dari hasil wawancara dengan Direktur dan pengajar Balee Seumeubet Al-Aziiz dapat disimpulkan bahwa lebih dari sebahagian dari jumlah santri yang mengaji di Balee Seumeubet Al-Aziiz sudah memahami dan mampu membaca al-Qur’an seuai dengan tajwid dan makhrajnya, kedua, metode pengajian ba’da maghrib di Balee Seumuebuet Al-Aziiz diantaranya, pertama mengunakan metode Qira’aty, dan kedua menggunakan metode ceramah ,dan ketiga, kendala-kendala dalam pelaksanaan pengajian ba’dai maghrib di Balee Seumeubuet Al-Aziiz yaitu, pertama, peran orang tua dalam mengawasi dan mengontrol anak-anaknya masih kurang, kedua, pengaruh kemajuan teknologi yang berdampak negatif, ketiga, kurang tenaga pengajar, keempat, tidak adanya dana operasional, dan kelima, fasilitas balai pengajian yang masih kurang memadai atau kurang layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra.Juairiah Umar, M. Ag; 2. Isna Wardatul Bararah, S. Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Pengajaran; Metode
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1708 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:55
Last Modified: 12 Dec 2017 07:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item
View Item