Penerapan Metode Baghdadiyyah dan Iqra' pada Membaca Al-Qur'an di Dayah Nurul Huda Lampaseh Lhok Aceh Besar

Rizqa Muntiza, 211323716 (2017) Penerapan Metode Baghdadiyyah dan Iqra' pada Membaca Al-Qur'an di Dayah Nurul Huda Lampaseh Lhok Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang metode baghdadiyyah dan metode iqra'e]
Preview
Text (membahas tentang metode baghdadiyyah dan metode iqra'e)
SKRIPSI FULL RIZQA MUNTIZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dayah Nurul Huda menerapkan dua metode baca Al-Qur’ānyaitu metode Baghdādiyyah dan metode Iqra’. Namun pada kenyataannya, dalam membaca Al-Qur’ān kemampuan santri-santri yang berasal dari kelas Baghdāddiyah lebih lancar dan benar secara tajwīdnya dibandingkan dengan santri-santri yang berasal dari kelas Iqra’. Tujuan peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara ustadz/ustadzah menerapkan metode Baghdādiyyahdan Iqra’ di Dayah Nurul Huda.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada dua orang ustadzah yang masing-masing berasal dari kelas Baghdādiyyahdan kelas Iqra’. Sedangkan wawancara dilakukan kepada empat orang ustadz/ustadzah, dua orang yang berasal dari kelas Baghdādiyyah dan dua orang dari kelas Iqra’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan metode Baghdādiyyahdan Iqra’ di Dayah Nurul Huda sebagian besar sudah diterapkan oleh ustadz/ustadzah. Dalam kegiatan mengajar baca Al-Qur’ānbaik Baghdādiyyahdan Iqra’, ustadz/ustadzah kurang memperhatikan bacaan panjang pendek dan jarang sekali ustadz/ustadzah menjelaskan bacaan panjang pendek. selain itu, ustadz/ustadzah jarang berkomentar apabila santri terjadi penghambatan dalam membaca Al-Qur’ān kecil. Adapun keunggulan penerapan metode Baghdādiyyahadalah santri lebih cepat membaca Al-Qur’ān secara tajwīd dan mudah mengenal huruf-huruf hijāiyyah, metode Baghdādiyyahdieja dengan berirama sehingga enak didengar serta susunan huruf disusun dengan rapi. Selain itu, metode Baghdādiyyahmenampilkan bacaannya secara beraturan sehingga santri mudah mengenal dan mengeja huruf Al-Qur’ān. Sedangkan keunggulan metode Iqra’ santri lebih mudah memahami tajwīd, santri tidak harus menghafal dalam membaca Iqra’ serta tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mempelajari Iqra’. Selain itu, buku Iqra’ mudah dibawa dan dilengkapi beberapa petunjuk teknis pembelajaran Iqra’. Metode Iqra’ disajikan dari yang mudah ke yang sulit dan metode ini bersifat fleksibel untuk semua umur baik untuk anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mustabsyirah Husen, M.Ag; 2. Realita, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Baghdadiyyah, Metode Iqra'
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rizqa muntiza
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:16
Last Modified: 27 Nov 2017 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item
View Item