Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch dengan Media Microsoft Powerpoint pada Materi Sistem Saraf Manusia di kelas XI SMAN 1 Kluet Selatan

Indri Anita Suhaya, 281324870 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch dengan Media Microsoft Powerpoint pada Materi Sistem Saraf Manusia di kelas XI SMAN 1 Kluet Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry banda aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model dan media pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model dan media pembelajaran)
Indri Anita Suhaya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN 1 Kluet Selatan khususnya pembelajaran biologi belum mampu memanfaatkan fasilitas sekolah seperti LCD dan dalam proses belajar masih berpusat pada guru. Materi yang disampaikan belum sepenuhnya dipahami oleh siswa sehingga tidak mencapai nilai KKM, Hal ini terjadi karena penggunaan media dan model yang belum bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dan berdampak pada hasil belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran partner swicth dengan media microsoft powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (ceramah, diskusi kelompok dan guru menjelaskan materi menggunakan buku cetak) pada materi sistem saraf manusia. Rancangan penelitian ini adalah true-eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kluet selatan dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IPA 3 dan IPA 2 yang berjumlah 54 orang siswa yaitu 26 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, dimana kelas eksperimen termasuk ke dalam kategori baik sedangkan kelas kontrol termasuk ke dalam kategori cukup baik. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, terbukti bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,42 > 1,67.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Nursalmi Mahdi,M.Ed.St; 2. Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Partner Swicth, Media, Microsoft Powerpoint, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: indri anita suhaya
Date Deposited: 12 Dec 2017 03:02
Last Modified: 12 Dec 2017 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item
View Item