Penerapan Teori Belajar Bermakna Berbantuan Peta Konsep dalam Pembelajaran Segitiga terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Islam Darul ‘Ulum Banda Aceh

Sela Nur Shadiqah, 261222863 (2016) Penerapan Teori Belajar Bermakna Berbantuan Peta Konsep dalam Pembelajaran Segitiga terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Islam Darul ‘Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Teori Belajar bermakna]
Preview
Text (Membahas tentang Teori Belajar bermakna)
Sela Nur Shadiqah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika pemahaman konsep perlu dikuasai oleh siswa, karena konsep-konsep pada matematika bersifat hirarkis, sehingga untuk mempelajarinya diperlukan pembelajaran yang runtut dan berkesinambungan. Oleh karena itu, guru seharusnya menggunakan strategi atau teori belajar yang mengarah kepada pembentukan pemahaman siswa. Salah satu teori belajar yang dapat diterapkan agar dapat membentuk pemahaman siswa adalah teori belajar bermakna berbantuan peta konsep. Langkah-langkah pada teori belajar bermakna yaitu advance organiser, progressive differensial, integrative reconciliation dan consolidation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pemahaman konsep siswa melalui penerapan teori belajar bermakna berbantuan peta konsep, peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkan teori belajar bermakna berbantuan peta konsep, aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru mengelola pembelajaran di kelas VII SMP Islam Darul ‘Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian sequential explanatory menggunakan one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui lembar tes pemahaman, observasi aktivitas siswa, kemampuan guru dan wawancara. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t satu pihak menggunakan paired-sample t-tes. Berdasarkan hasil penelitian pemahaman siswa setelah diterapkan teori belajar bermakna berbantuan peta konsep meningkat daripada pemahaman siswa sebelumnya. Untuk kategori A yaitu kemampuan siswa dalam menyebutkan contoh dari suatu konsep rata-rata persentase 53 % meningkat menjadi 92%. Untuk kategori B yaitu mendefinisikan suatu konsep rata-rata persentase meningkat dari 68% menjadi 95%. Untuk kategori C yaitu mengaplikasikan sifat-sifat suatu objek dalam menyelesaikan masalah meningkat dari 55% menjadi 82%. Untuk kategori D yaitu menjelaskan suatu konsep meningkat dari 49% menjadi 76%. Untuk kategori E yaitu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu meningkat dari 48% menjadi 84%. Untuk kategori F yaitu mampu menggunakan dan memilih operasi tertentu dalam menyelesaikan masalah meningkat dari 30% menjadi 62%. Hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan di setiap pertemuan, rata-rata secara keseluruhan 86,3% dengan kategori baik. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk kategori baik, hal ini dilihat dari persentasenya sebesar 4,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2.Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar, Peta Konsep, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 30 Nov 2017 09:33
Last Modified: 06 Mar 2018 15:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item
View Item