Komunikasi Kesehatan dalam Penanganan Pasien pada Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Dr. H. Yulidin Away Kabupaten Aceh Selatan

Anis Seroja, 411206553 (2017) Komunikasi Kesehatan dalam Penanganan Pasien pada Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Dr. H. Yulidin Away Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang komunikasi.] Text (Membahas tentang komunikasi.)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan baik itu verbal maupun nonverbal. Komunikasi kesehatan merupakan penyampaian pesan mengenai kesehatan individu. Komunikasi kesehatan pada rumah sakit merupakan hal sangat penting dan titik kritis dalam keselamatan pasien. Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit merupakan gerbang utama masuk pelayanan dengan intesitas pelayanan yang tinggi, sehingga mempunyai potensi insiden yang tinggi pula. Penelitian ini dilakukan untuk melihat komunikasi kesehatan dalam penanggulangan pasien pada unit gawat darurat, di mana komunikasi kesehatan itu sangat penting dalam memberi tindakan kepada pasien gawat darurat. Karena jika terjadi kesalahan dalam komunikasi, akan menyebabkan fatal kepada pasien. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Gawat darurat Rumah Sakit Umum dr. H. Yulidin Away. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini sebanyak 18 orang, di mana 3 orang dokter, 5 orang perawat, 4 orang pasien dan 6 orang keluarga pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi dalam penanggulangan pasien antar tenaga medis dengan pasien dan keluarga pasien sudah efektif dalam memberikan informasi. Jenis komunikasi yang digunakan ada dua yaitu komunikasi verbal yang digunakan seperti bahasa yang mudah dipahami oleh pasien dan keluarga pasien, sedangkan komunikasi nonverbal seperti senyum, dengan menggunakan intonasi suara yang lembut, dan ekspresi wajah yang senang saat mendatangi pasien sehingga membuat pasien merasa nyaman terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis. Selain itu di Instalasi Gawat Darurat komunikasi digunakan kepada pasien dan keluarga pasien bisa mengurangi bahkan menghilangkan kepanikan pasien yang masuk ke IGD dalam keadaan kritis dan panik, tenaga medis cenderung mengkomunikasikan agar pasien dan keluarga pasien lebih tenang.
Kata Kunci: Komunikasi Kesehatan, Penanganan Pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.A.Rani, M. Si 2.Azman. S.Sos. I., M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kesehatan, Rumah Sakit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anis Seroja
Date Deposited: 04 Dec 2017 09:26
Last Modified: 04 Dec 2017 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item