Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Sub Tema Perubahan Lingkungan di Kelas V MIN Bilui Aceh Besar

Rafni Fajriati, 201325170 (2017) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Sub Tema Perubahan Lingkungan di Kelas V MIN Bilui Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Rafnifajriati.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal terungkap bahwa penggunaan media di sekolah MIN Bilui masih sangat sederhana, hanya menggunakan media gambar yang terdapat pada buku paket. Dampak yang terjadi membuat siswa menjadi bosan, dan kurang bersemangat sehingga menjadi kurang tertarik pada pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan media audio visual dalam sub tema perubahan lingkungan di Min Bilui Aceh Besar?, (2) Bagaimana respon siswa dengan menggunakan media audio visual dalam sub tema perubahan lingkungan di Min Bilui Aceh Besar?, (3) Apakah penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam subtema perubahan lingkungan di Min Bilui Aceh Besar?. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi siswa, data respon berbentuk angket, dan tes dalam bentuk multiple choice. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-a yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan V-b yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol di MIN Bilui Aceh Besar. Hasil penelitian pada aktivitas guru diperoleh 91% dengan kriteria sangat baik sedangkan aktivitas siswa diperoleh sebesar 84,8% dengan kriteria baik. Sedangkan respon siswa menunjukkan Penggunaan media audio visual mengesankan dan merupakan hal yang baru bagi siswa sehingga mendapatkan persentase tertinggi yaitu 173,30%. Adapun untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual Ha diterima dan H0 ditolak. pada taraf kepercayaan 0.95 dan derajat kebebadan df = 39 diperoleh ttabel t0.95(39) = 1.684 dan thitung = 1,83. Maka thitung ≥ ttabel atau 1,83 ≥ 1.684. Dapat disimpulan pada terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam subtema perubahan lingkungan di Min Bilui Aceh Besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd; 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Audio Visual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rafni Fajriati
Date Deposited: 14 Dec 2017 09:48
Last Modified: 14 Dec 2017 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item
View Item