Pengaruh Model Pembelajaran Kooperetaif Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa di SMAN 2 Unggul Ali Hasymiy

Ainur Rizki, 291324976 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperetaif Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa di SMAN 2 Unggul Ali Hasymiy. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Pendidikan; Metode Pembelajaran)
skripsi full lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat adalah hal yang perlu diperhatikan guru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelajaran kimia materi tatanama senyawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas, perbedaan hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match dengan pembelajaran kooperatif learning tipe NHT pada materi tatanama senyawa di SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimental semu) dengan menggunakan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xia SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X ia1 dan X ia2 yang berjumlah 56 orang. Pengumpulan data menggunakan lembaran observasi aktivitas siswa, tes tertulis yang terdiri dari pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Aktivitas siswa diperoleh rata-rata dari dua pengamat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah 95% tergolong kedalam kategori sangat baik, sedangkan pada kelas yang menarapkan pembelajaran kooperatif learning tipe NHT diperoleh persentase rata-rata dari dua orang pengamat adalah 76% katagori baik. Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan a = 0.05 dan derajat kebebasan υ = 54 diperoleh thitung = 5.1 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung ˃ ttabel atau 5.1 ˃ 1.67. Oleh sebab itu Ha diterima. Sedangkan rata-rata respon siswa yang diperoleh dengan menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe make a match adalah sebesar 3.49 termasuk ke dalam kategori sangat positif sedangkan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT adalah 2.98 positif. Dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas, hasil belajar serta respon siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match lebih tinggi dari pada kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M.Pd; 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Learning, Hasil Belajar, Materi Tatanama Senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms ainur rizki
Date Deposited: 12 Dec 2017 03:19
Last Modified: 22 Mar 2018 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item
View Item