Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tekanan di SMP Negeri 2 Bubon Aceh Barat

Wiha, 251222771 (2017) Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tekanan di SMP Negeri 2 Bubon Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Konsep Tekanan]
Preview
Text (Mengenai tentang Konsep Tekanan)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Judul penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen pada konsep tekanan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP 2 Bubon. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap terhadap penerapan metode eksperimen pada konsep tekanan, dan (3) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen yang melibatkan 1 kelas yaitu kelas VIII_A. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi angket. Data dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar sedangkan angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode eksperimen pada konsep tekanan dari hasil belajar siswa sebelum penerapan metode eksperimen di kelas VIII_A SMP Negeri 1 Bubon Aceh Barat dengan nilai thitung > ttabel atau 70,7 > 1,71 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. (2) siswa menyatakan senang atau setuju terhadap metode eksperimen pada konsep tekanan sebesar (80,11%), (3) aktivitas guru dan siswa dengan model metode eksperimen memenuhi kriteria penilaian sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Saifullah, M.Ag; 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Non Verbal, Orang Tua
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 1845 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2017 04:15
Last Modified: 14 Dec 2017 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item