Pengaruh Metode Simulasi terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V MIN Krueng Mak Aceh Besar.

Liyani, 201325193 (2017) Pengaruh Metode Simulasi terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V MIN Krueng Mak Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Simulasi]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Simulasi)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan langsung di MIN Krueng Mak Aceh Besar. Yang menunjukkan masih lemahnya proses pembelajaran tematik di sekolah. Pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar, terlebih lagi jika guru menerapkan metode konvesional kebanyakan siswa merasa bosan dan sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Sehingga tidak menuntup kemungkinan kentuntasan belajar siswa tidak mencapai KKM yang telah ditentukan disekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode simulasi terhadap tingkat ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan dan respon belajar siswa melalaui penerapan metode simulasi pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental (one Group Pretest-Posttest Design), sebagai sampel dipilih kelas V yang terdiri dari 25 orang siswa. Data yang dikumpulkan melalui tes, dan angket/ kuesioner, kemudian data tersebut dianalisis melalui statistik uji-t terhadap data tes awal, dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan metode pembelajaran simulasi dalam pembelajaran subtema manusia dan lingkungan secara signifikan dapat berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa dibanding dengan penggunaan metode pembelajaran konvesional, dimana hasil uji t t_( hitung) > t_tabel (4,354 > 1,71). Sedangkan respon belajar siswa dari 10 pertanyaan yang diajukan sebagian besar siswa berpendapat positif dimana hasil analisis rata-rata menunjukkan 88% tergolong kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa sangat baik terhadap pembelajaran subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan metode simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. M. Nasir Budiman, MA; 2. Wati Oviana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Ketuntasan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Liyani Liyani
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:16
Last Modified: 13 Dec 2017 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1896

Actions (login required)

View Item
View Item