Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas VI MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Marlinawati, 201121709 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas VI MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan hasil belajar siswa melalui materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick.]
Preview
Text (Menjelaskan hasil belajar siswa melalui materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick.)
Marlinawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sains yang baik tergantung pada cara guru menyajikan materi, mengelola kelas dan menggunakan model pembelajaran yang aktif dan kreatif, salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick yang merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana dalam berdiskusi dan kerjasama di kelas sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan guru pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. (3) Mengetahui hasil belajar siswa melalui materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan (1) Lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa. (2) Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (a) Kemampuan guru meningkat dari 82% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. (b) Aktivitas siswa meningkat dari 88% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. (c) Hasil tes prestasi belajar siklus I 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran Sains siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. TasnimIdris, M.Ag; NIP. 195912181991032002 2. Wati Oviana, M. Pd; NIP. 198110182007102003
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Materi Ciri-Ciri Khusus, Hasil Belajar,
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:27
Last Modified: 07 Aug 2017 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item
View Item