Efektivitas Penggunaan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Tumbuhan di Kelas X SMA Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie

Erna Mauliza, 281121598 (2016) Efektivitas Penggunaan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Tumbuhan di Kelas X SMA Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan tentang efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan di kelas X SMA Negeri 1 Mutiara]
Preview
Text (Menjelaskan tentang efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan di kelas X SMA Negeri 1 Mutiara)
Erna Mauliza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (534kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Mutiara, lebih ditekankan kepada mencatat materi. Guru masih fokus pada metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran. Penulis memperoleh informasi bahwa, materi klasifikasi tumbuhan merupakan materi yang sulit untuk dipelajari, siswa mendapat kesulitan dalam mengelompokkan tiga kingdom dari plantae yaitu tumbuhan lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan di kelas X SMA Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X SMA Negeri 1 Mutiara tahun ajaran 2015 s/d 2016 terdiri dari 6 kelas paralel. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, sehingga mendapatkan 2 kelas sebagai sampel yaitu siswa kelas X-2 dan siswa kelas X-6. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana satu kelas dibelajarkan dengan menggunakan peta konsep dan satu kelas dibelajarkan tanpa peta konsep. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes yang dilakukan dua tahap yaitu pre-test dan post-test. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk 54 dimana diperoleh thitung > ttabel, karena thitung = 4,94 dan ttabel = 2,004 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep lebih efektif, sehingga hasil belajar siswa lebih baik dari pada tanpa menggunakan peta konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St; NIP. 195402231985032001; 2. Lina Rahmawati, M.Si; NIP. 197505271997032003
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Peta Konsep, Klasifikasi Tumbuhan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:55
Last Modified: 08 Aug 2017 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item
View Item