Kurikulum dan Perubahan Sosial dalam Pandangan Ibnu Khaldum

Saifullah Idris, 2006047203 (2007) Kurikulum dan Perubahan Sosial dalam Pandangan Ibnu Khaldum. "PENCERAHAN" Jurnal Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam, 5 (1). pp. 95-109. ISSN ISSN 1693-7775

[thumbnail of Pencerahan Vol 5 No 1, Jan-Apr 2007.pdf]
Preview
Text
Pencerahan Vol 5 No 1, Jan-Apr 2007.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form A dan From C; Kurikulum dan Perubahan Sosial Dalam Pandangan Ibn Khaldun.pdf]
Preview
Text
Form A dan From C; Kurikulum dan Perubahan Sosial Dalam Pandangan Ibn Khaldun.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kurikulum dan perubahan sosial dalam pandangan Ibnu Khaldum, kurikulum hendaknya menekankan akan pentingnya perstrutural kegiatan belajar mengajar, sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian pengoptimalan proses belajar mengajar tampaknya titik fokus pandangan Ibnu Khaldum tentang kurikulum ini. Sedangkan perubahan sosial dapat dilihat pada teori perubahan sosial, yaitu metode historis, faktor yang menyebabkan perubaha sosial banyak dan beraneka ragam, seperti faktor tunggal, bentuk-bentuk organisasi sosial,konplik, berbagai faktor psikologi-sosial, kepemimpinan, kepribadian, kekompakan kelompok,perubahan cendrung merembers disemua institusi sosial,agama, keluarga, pemerintah dan ekonomi dan sebagainya semuanya terlihat dalam proses perubahan itu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Perubahan Sosial dan Ibnu Khaldum
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saifullah Idris
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:49
Last Modified: 16 Jan 2018 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item
View Item