Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Usaha dan Energi di SMAN 12 Banda Aceh

Rina Yuliana, 251121337 (2016) Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Usaha dan Energi di SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas mengenai peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model inkuiri]
Preview
Text (Membahas mengenai peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model inkuiri)
Rina Yuliana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di SMAN 12 Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah model inkuri dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan desain control group desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 48 siswa. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu thitung > t1/2α (7,56>2,000), yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diajarkan menggunakan model inkuiri dengan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model inkuiri. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dikelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari adanya selisih perbedaan persentase peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana persentase kelas eksperimen lebih meningkat pada aspek mengamati meningkat mencapai 4,16%, aspek merencanakan percobaan yaitu 18,7%, aspek menggunakan alat dan bahan meningkat mencapai 18,7%, aspek prediksi meningkat mencapai 4,17%, aspek mengelompokkan meningkat mencapai 4,16%, aspek interpretasi meningkat mencapai 2,08%, aspek mengajukan pertanyaan meningkat mencapai 2,08%, aspek berhipotesis meningkat mencapai 2,08%, aspek menerapkan konsep meningkat mencapai 2,08%, dan aspek berkomunikasi mencapai 2,08%. Aktivitas siswa terhadap pembelajaran menggunakan model inkuiri sangat baik ditunjukkan melalui peningkatan persentase pada pertemuan pertama sebesar 79,16% dan menunjukkan pada pertemuan kedua sebesar 88,12%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Lina Rahmawati, M.Si; NIP. 197505271997032003; 2. Rahmawati, M.S
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Materi Usaha dan Energi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:28
Last Modified: 08 Aug 2017 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item