Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP

Muhammad Oryza Fajrian, 251324533 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran CLIS]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran CLIS)
PDF GABUNG-min-min.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) merupakan Model Pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekontruksi ide berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti peroleh dari guru di SMP Inshafuddin Banda Aceh, pembelajaran Fisika selama ini dilaksanakan masih menerapkan keaktifan guru dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran cenderung bersifat informatif sehingga keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran masih kurang. Maka, hasil belajar siswa yang diperoleh pada mata pelajaran Fisika rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran CLIS pada Materi Gerak Lurus dan (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap Model Pembelajaran CLIS. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Quasi Eksperimen dengan pretest-posttest control group design yang dipilih secara purposive sampling. sampel penelitian merupakan Kelas Eksperimen VIII-A dan Kelas Kontrol VIII-B. Pengumpulan data dengan instrumen penelitian yaitu soal tes dan angket Respon Siswa. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data hasil angket Respon dianalisis menggunakan frekuensi relatif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,65 > 1,68, (2) Hasil respon siswa menunjukkan siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa, Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Chalis, M.Ag 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CLIS, Gerak Lurus dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Oryza
Date Deposited: 16 Jan 2018 08:05
Last Modified: 16 Jan 2018 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item
View Item