Penerapan Metode Reading Aloud dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran PAI Aspek Al Qur’an Hadits Siswa Kelas X IPA2 di SMAN 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar

Eva Niatul Husna, 211323822 (2017) Penerapan Metode Reading Aloud dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran PAI Aspek Al Qur’an Hadits Siswa Kelas X IPA2 di SMAN 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan)
gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PAI materi al-Qur’an di kelas X SMA Negeri 1 Mesjid Raya menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hasil ulangan harian rata-rata nilainya di bawah standar ketuntasan dimana dari 23 anak yang mendapat nilainya diatas KKM 70 hanya sekitar 30%. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMAN 1 Mesjid Raya. Penelitian ini menerapkan metode reading aloud dalam pembelajaran PAI. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam penerapan metode reading aloud pada pembelajaran al-Qur’an siswa kelas x di SMAN 1 Mesjid Raya, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas x di SMAN 1 Mesjid Raya setelah menggunakan metode reading aloud. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik ”, dengan nilai 80,35 dan pada siklus II meningkat menjadi ”baik sekali” dengan nilai rata-rata 94,64. Adapun kualifikasi aktivitas siswa pada siklus I masih kurang baik atau belum maksimal , karena baru mencapai 69,56. Sedangkan pad asiklus II, aktivitas siswa sudah ada peningkatan menjadi baik dengan nilai rata-rata 84,23. (2) Penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an . Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 66,30 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,43.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Zulfatmi,S.Ag, M.Ag; 2. Imran, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Peningkatan, dan Baca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Niatul Husnaaa
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:42
Last Modified: 16 Jan 2018 07:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item
View Item