Pengaruh Model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar

Siti Mauliyana, 251324462 (2017) Pengaruh Model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang fisika]
Preview
Text (Membahas tentang fisika)
SITI MAULIYANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar terjadi karena rendahnya minat belajar fisika disebabkan pemahaman konsep-konsep fisika pada peserta didik belum maksimal. Seringkali peserta didik tidak dapat menyelesaikan soal-soal fisika dengan tuntas karena ketidakmampuan mereka dalam meningkatkan pemahaman konsep-konsep yang pernah diterima, Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam pemahaman konsep. Salah satu solusi yang dapat melatih pemahaman konsep adalah model pembelajaran Guided Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-posttest Design yang melibatkan kelas eksperimen X MIA1 yang berjumlah 21 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa yaitu 11,30> 1,725 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Pemahaman Konsep peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran Guided Discovery pada materi gerak lurus serta Respon peserta didik terhadap model Guided Discovery pada materi gerak lurus terlihat sangat baik, hal ini dibuktikan dari analisis tanggapan peserta didik yang lebih banyak menjawab pada item ya, karena dapat membantu peserta didik memahami konsep keseluruhannya, konsep yang abstrak menjadi nyata, dapat melatih bekerja mandiri dan kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nur Aida, M.Si 2. Arusman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery, Gerak Lurus, Terhadap Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sitimauli siti mauliyana
Date Deposited: 17 Jan 2018 04:57
Last Modified: 17 Jan 2018 04:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item
View Item