Penerapan Strategi Student Active Learning pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII MAS Darul ‘Ulum terhadap Keaktifan Siswa

Fitri Partiwi, 291223257 (2016) Penerapan Strategi Student Active Learning pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII MAS Darul ‘Ulum terhadap Keaktifan Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi student active learning]
Preview
Text (Membahas tentang strategi student active learning)
pdf gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia, namum siswa beranggapan pelajaran kimia sulit dipahami dan membosankan. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat serta kurangnya penggunaan model atau strategi membuat siswa kurang aktif oleh sebab itu siswa kurang mempelajari atau menyukai kimia, padahal kimia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Strategi Student Active Learning Pada Materi Reaksi Redoks Siswa Kelas XII MAS Darul ‘Ulum”. Adapun menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, perbedaan hasil belajar dan respon siswa saat penerapan strategi student active learning pada materi reaksi redoks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, serta respon siswa terhadap penerapan strategi student active learning pada materi reaksi redoks. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Designe). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, soal tes dan respon siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dari aktivitas siswa dianalisis menggunakan persentase, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan angket dianalis menggunakan presentase. Hasil analisis diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan strategi student active learning tergolong aktif dengan persentase dari dua orang pengamat adalah 91,25%. Data hasil tes yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan = 0,05, maka diperoleh t_( Hitung)>t_( Tabel) yaitu t_2,12>t_(1,66,) maka H0 ditolak. Dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan strategi student active learning dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi ekspositori pada materi reaksi redoks kelas XII MAS Darul ‘Ulum Banda Aceh”. Selanjutnya respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan strategi student active learning memperoleh respon positif yaitu dengan persentase yang menyebut “Ya” sebanyak 87,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: 1. Dr. Muzakir, M.Ag 2. Sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi Student Active Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitri Partiwi
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:39
Last Modified: 24 Jan 2018 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item
View Item