Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Melingkar Beraturan di SMAN 1 Peukan Bada

Sy. Yatnirah, 251324479 (2017) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Melingkar Beraturan di SMAN 1 Peukan Bada. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
SY YATNIRAH PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Peukan Bada diperoleh: Pertama, metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan kurang melibatkan peserta didik dalam menemukan suatu konsep dalam proses pembelajaran. Kedua, pengajaran yang dilakukan oleh guru lebih menekankan pada manipulasi matematis, mereka mulai dengan definisi konsep, kemudian menyatakan dengan matematis. Maka perlu adanya suatu pembelajaran yang mengutamakan proses, berupa penyelidikan yang melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, yaitu menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak melingkar beraturan di SMAN 1 Peukan Bada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperimen, desainnya Pre-test and Post-test Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Peukan Bada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X MIA-3 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dengan bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t, diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,817 > 2,064 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi gerak melingkar beraturan di SMAN 1 Peukan Bada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Gunawati, M.Si; 2. Sabaruddin, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Gerak Melingkar Beraturan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sy. Yatnirah Aswati
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:16
Last Modified: 19 Jan 2018 06:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item
View Item