Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 2 Indra Jaya Sigli

Khairun Nisak, 261121473 (2016) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 2 Indra Jaya Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Pembelajaran)
skripsi upload PDF.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata disajikan di awal pembelajaran. Kemudian masalah tersebut diselidiki untuk diketahui solusi dari pemecahan masalah tersebut. Namun, berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa kompetensi matematika terutama kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa akan mempengaruhi kualitas belajar, karena siswa belum mampu memecahkan masalah dalam kehidupan nyata sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa di sekolah. pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model PBL pada materi prisma di kelas VIII SMPN 2 Indra Jaya? Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model PBL pada materi prisma di kelas VIII SMPN 2 Indra Jaya? Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model PBL pada materi prisma di kelas VIII SMPN 2 Indra Jaya? Bagaimana capaian ketuntasan belajar siswa setelah diterapakn model PBL pada materi prisma di kelas VIII SMPN 2 Indra Jaya?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap diantaranya: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (guru dan siswa) dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan analisis data kemampuan pemecahan masalah, deskripsi aktivitas guru mengelola pembelajaran dan sktivitas siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I tergolong baik sedangkan pada siklus II sudah tergolong sangat baik; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran pada siklus I dan siklus II tergolong baik; (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada aspek memahami masalah masih rendah yaitu 60%, kemudian setelah siklus II dilakukan terjadi peningkatan menjadi 100%. Pada aspek membuat rencana permasalahan pada siklus I diperoleh 77,77%, kemudian setelah siklus II dilakukan terjadi peningkatan menjadi 90,90%. Pada aspek melakukan rencana permasalahan pada siklus I diperoleh 72,22%, kemudian setelah siklus II dilakukan terjadi peningkatan menjadi 100%. Pada aspek memeriksa kembali dan menarik kesimpulan masih rendah yaitu pada siklus I diperoleh 11,11%, namun setelah siklus II dilakukan kemampuan siswa pada aspek memeriksa kembali dan menarik kesimpulan menurun menjadi 9,09%; (4) hasil belajar siklus I terdapat 78% yang mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,90% dan ketuntasan belajar siswa pada tes akhir mencapai 95,65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Kamarullah, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairun Nisak Maryam
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:16
Last Modified: 19 Jan 2018 06:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item