Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Banda Aceh

Muhammad Kautsar, 211222448 (2018) Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di SMPN 6 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di SMPN 6 Banda Aceh)
Muhammad Kautsar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sering ditemukan siswa yang tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Hal itu terlihat dari banyaknya siswa yang kurang aktif, hanya menerima penjelasan dari guru tanpa adanya komunikasi yang terjadi antara guru dan murid. Ini disebabkan karena metode yang digunakan tidak melibatkan keaktifan siswa sehingga pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu, diperlukan metode yang efektif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat, keaktifan sekaligus prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-II SMP Negeri 6 Banda Aceh sebanyak 29 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes tulis, dan angket, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian (1) Metode diskusi efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya minat belajar siswa selama proses belajar mengajar menggunakan metode tersebut. Pengunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memungkinkan siswa belajar aktif karena siswa dituntut untuk memecahkan masalah dengan cara berdiskusi, sehingga proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa. Data yang diperoleh melalui observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan keaktifan siswa sebanyak 72,72%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 88,63%. Kemudian persentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh melalui hasil tes tulis adalah 72,41%, dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 93,10%. (2) Ukuran efektif tidaknya metode diskusi dapat dilihat dari tercapainya beberapa aspek, diantaranya; Ketertarikan Belajar, Keaktifan Belajar, Kreatifitas, dan Ketuntasan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Raihan Putri S.Ag, M.Ag 2. Dr. Muji Mulia S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Diskusi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kautsar Kautsar Muhammad Kautsar
Date Deposited: 19 Jan 2018 09:41
Last Modified: 19 Jan 2018 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item
View Item