Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh

Husnul Qausarina, 261121450 (2016) Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Hasil Belajar]
Preview
Text (Mengenai tentang Hasil Belajar)
SKRIPSI GABUNG UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Math anxiety adalah reaksi emosional berupa perasaan takut, tegang dan cemas bila berkaitan dengan matematika. Kecemasan matematika (math anxiety) merupakan bentuk respon emosional peserta didik saat mata pelajaran matematika, mendengarkan guru, saat memecahkan masalah matematika, dan mendiskusikan matematika. Berkembangnya gejala kecemasan matematika (math anxiety) sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Apabila kecemasan dalam belajar matematika telah mendominasi pikiran seseorang, maka ia akan sulit berpikir dan berkonsentrasi yang akhirnya siswa akan enggan belajar matematika dan cenderung menjauh dari lingkungan matematika. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Semakin tinggi tingkat kecemasan matematika siswa semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Sikap-sikap tersebut dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1)Bagaimana pengaruh kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Banda Aceh? (2) Bagaimana tingkatan korelasi kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPA SMANegeri11 Banda Aceh? Penelitian ini merupakan jenis penelitian regresi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment. Data angket berupa data ordinal sehingga terlebih dahulu harus dikonversi menjadi data interval dengan menggunakan Methode of Successive Interval (MSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Banda Aceh yaitusebesar 0,24. (2) Korelasi antara kecemasan matematika (math anxiety) dan hasil belajar matematika siswa kelas X IPA sebesar 0,24 berada pada tingkatan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Drs. Asnawi Adam, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika (Math Anxiety), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Husnul Qausarina
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:30
Last Modified: 22 Jan 2018 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item