Istikhdamu Wasilatil Kalimatil Mutaqathi'athi fi Tadrisil Imlail Istima'i Litarqiyyati Qudrathith Thalabati 'ala Tarkibil Jumalil Mufidati (Dirasah Tajribiyyah lil Marhalah Mutawasshithati bi Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar)

Raudhah Marzuki, 221323942 (2017) Istikhdamu Wasilatil Kalimatil Mutaqathi'athi fi Tadrisil Imlail Istima'i Litarqiyyati Qudrathith Thalabati 'ala Tarkibil Jumalil Mufidati (Dirasah Tajribiyyah lil Marhalah Mutawasshithati bi Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajar]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajar)
Raudhah Marzuki_221323942.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab mencakup empat keterampilan, yaitu Keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan tersebut menjadi tujuan utama dalam pengajaran bahasa asing, di mana pendidikan dianggap tidak berhasil jika empat keterampilan tersebut belum tercapai. Bedasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap proses belajar mengajar pelajaran Imla’ di Dayah Darul Ihsan, Aceh besar, ia menemukan siswa slit dalam menulis kata-kata dalam bahasa Arab, dan ini terlihat jelas pada kemampuan menulis huruf-huruf Arab yang tersambung dan terpisah, serta mereka tidak dapat membedakan antara huruf Hijaiyah yang mereka dengar dari bacaan (dikte) guru sehingga membuat mereka salah dalam penulisan. Peneliti juga menemukan faktor lainnya yaitu, dalam pembelajaran Imla’ guru hanya sekedar mendiktekan saja potongan-potongan kata kepada siswa tanpa menjelaskan tentang kaidah-kaidah penulisan yang benar sehingga hal tersebut menyebabkan mereka lengah dan kurang berminat untuk belajar pelajaran tersebut. Oleh karena itu peneliti menulis skripsi ini dengan tiga tujuan yaitu: untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan media teka-teki silang dalam pengajaran Imla’ Istima’i untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat yang sempurna, untuk mengetahui efektivitas penggunaan media teka-teki silang dalam pengajaran Imla’ Istima’i untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat yang sempurna dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media teka-teki silang dalam pengajaran Imla’ Istima’i untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat yang sempurna. Adapun metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One group – Pretest Postest Design. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan lembar observasi, uji T (T-Test) dan angket. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Darul Ihsan yang berjumlah 472 siswa, dan samplenya adalah kelas 1f yang berjumlah 21 siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Imla’ Istima’i menggunakan media teka-teki silang berlangsung dengan sangat baik hal tersebut terlihat pada lembar observasi dimana seluruh kegiatan yang tertera terlaksana dengan baik, penggunaan media teka-teki silang dalam pembelajaran Imla’ Istima’i efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat yang sempurna dimana hasil uji T-Test memperoleh hasil (16.533) dan tingkat signifikansi (Sig.) (0,05 < 000.) serta perolehan nilai rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran Imla’ Istima’i dengan menggunakan media teka-teki silang adalah 3,65 dan ini menunjukkan respon yang tinggi bedasarkan nilai intrepretasi yaitu >2,7 – 4,0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi: 1. Dr. Buhori Muslim, M.Ag 2. Salma Hayati, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Imla' Istima'i, Media teka-teki silang
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: RM 221323942 Raudhah Marzuki
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:29
Last Modified: 22 Jan 2018 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item
View Item